SPIRIT ISLAM PADA MASA REVOLUSI INDONESIA

-
Sejarah Revolusi Indonesia dipenuhi penggambaran perang revolusi sebagai perang nasionalistis atau berbasis kelas.


Dalam kajian besar ini, Kevin W. Fogg meninjau ulang Revolusi Indonesia (1945-1949) sebagai perjuangan umat Islam.


Dalam spirit keagamaan inilah, kaum Muslim taat yang jumlahnya hampir separuh populasi berperang.


Mereka teryakinkan dengan seruan jihad dari ulama dan kiai bahwa mereka sedang menjalankan perang sabil melawan kaum kafir penjajah.


Namun di kancah politik, para pemimpin nasional mengesampingkan unsur Islam ketika mereka merumuskan dokumen-dokumen pendirian Indonesia.


Dengan cara itu, mereka menciptakan presiden revolusi yang terus berdampak pada negara sampai saat ini.


Studi tentang perang anti-penjajah negeri berpenduduk Muslim terbanyak di dunia ini menunjukkan bagaimana Islam berfungsi sebagai ideologi revolusi pada era modern.

Kata Mereka Tentang Buku ini

“Apakah Indonesia sebuah negara sekuler atau negara Islam? Pertanyaan yang sekilas tampak mudah ini telah menyita pikiran cendekiawan bidang Islam Indonesia dari berbagai generasi. Dengan mengakses narasi dari banyak partisipan Muslim agar bisa memahami motivasi mereka dengan lebih baik, Kevin Fogg memberikan argumen yang menarik bahwa aspek-aspek Revolusi Indonesia memiliki karakter yang sangat religius. Dengan demikian, Fogg memperkenalkan konteks yang berharga dan sangat dibutuhkan untuk membimbing pemahaman kita akan aktivisme sosial dan politik islamis modern, serta tempat Islam dalam kesadaran sejarah dan politik Indonesia.”
—Joseph Chinyong Liow, Ketua Profesor Tan Kah Kee Bidang Politik Komparatif dan Internasional, Nanyang Technological University 



“Kompleksitas dan ragam pengalaman dalam Revolusi Indonesia masih jarang mendapat sorotan masyarakat Indonesia pada umumnya yang pemahaman sejarahnya selama ini dibentuk oleh narasi nasional yang dominan. Dalam buku ini, Kevin W. Fogg berhasil merekonstruksi sejarah gerakan-gerakan Islam yang turut serta membentuk Revolusi Indonesia, baik di akar rumput maupun di kalangan elite politik. Menyelami pelbagai sumber sejarah, baik arsip maupun lisan, dengan teliti, Fogg berhasil menunjukkan bahwa kaum santri di Indonesia memahami revolusi sebagai perjuangan religius. Buku ini penting dibaca guna memahami masa lalu Indonesia dan bayang-bayangnya di masa kini.”
—Ismail Fajrie Alatas, Assistant Professor of Middle Eastern and Islamic Studies New York University



“Buku Kevin W. Fogg ini sangat menarik dan memperkaya pengetahuan sejarah kita tentang Islam Indonesia. Di antara banyak kajian sejarah yang kental dengan narasi-narasi dan peran kaum elite nasionalis dalam pembentukan negara, justru buku ini menegaskan landscape lain dari sejarah Indonesia yaitu peran yang luar biasa besar kaum Muslim Indonesia di berbagai level, memengaruhi perjalanan bangsa Indonesia sejak masa revolusi politik.”
—Faisal Riza, MA, Dosen Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatra Utara
-

Sekilas Tentang Penulis

-
Dr. Kevin W. Fogg adalah seorang ahli sejarah Asia Tenggara, dengan spesialisasi di bidang komunitas masyarakat Islam dan Indonesia pasca-kolonial.

Saat ini dia menjabat sebagai Direktur Muda untuk Carolina Asia Center di Universitas Carolina Utara di Chapel Hill, Amerika Serikat.

Sebelumnya dia bekerja di Oxford, Inggris, tepatnya di Pusat Studi Islam Oxford dan Fakultas Sejarah di Universitas Oxford.Dr. Fogg berasal dari Richmond, Virginia, Amerika Serikat. Dia memperoleh gelar BA dari Universitas Duke di bidang Sejarah serta Bahasa dan Sastra Asia dan Afrika.

Kemudian dia melanjutkan studinya di Universitas Yale dan meraih gelar MA, Mphil, dan PhD di bidang Sejarah. Di sana dia juga bekerja sama dengan Council on Southeast Asia Studies.

Penelitiannya di Indonesia didukung oleh Universitas Yale, program Fulbright and Fulbright-Hays melalui AMINEF, British Academy, Gerda Henkel Stiftung, serta berbagai universitas dan organisasi Islam di nusantara, terutama Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat.

Daftar isi

-
-
-
-

Spesifikasi Buku

-
Judul : Spirit Islam pada Masa Revolusi Indonesia

Penulis : Kevin W. Fogg

Penerbit : Mizan

Ukuran : 15 x 23 cm

Tebal : 444 Halaman

Sampul : Soft Cover

ISBN : 978-623-242-186-8

Kenapa Anda Harus Memiliki Buku ini?

Ditulis oleh Kevin W. Fogg, seorang rekanan peneliti di Oxford Center for Global, History and Brasenose College, University of Oxford.
Penulis merupakan seorang pakar sejarah Asia Tenggara yang telah melakukan banyak riset tentang Islam di Indonesia.
Dalam buku ini penulis dengan apik menjelaskan seputar Revolusi Indonesia yang 'agama' menjadi kunci di kalangan masyarakat akar rumput dalam perang kemerdekaan Indonesia maupun pada masyarakat elitis di kancah revolusi politik Indonesia.
Tulisan ringan, tema-tema yang diangkat sangat dekat dengan kita.

Testimoni Pelanggan Kami

-
-
-

Pengiriman Barang Setiap Hari

-
-

Berapa Harga Untuk Buku Langka ini?

Berapa Harganya?

398 ribu

Untuk Hari ini Saja!!

DISKON 50%



Hanya 199 ribu



Promo akan berakhir dalam :

21JAM
21MENIT
10DETIK

SEGERA PESAN SEKARANG KARENA PROMO TERBATAS DAN AKAN BERAKHIR TANPA ADA PEMBERITAHUAN TERLEBIH DULU!!

-

Sebagian keuntungan bersih diwakafkan untuk pembebasan lahan Pesantren Penghafal Al - Qur'an Gratis Darul Maula yang berlokasi di Limbangan Garut Jawa Barat

-
-
-
-
-
-

Garansi dan Pengiriman

-
Bisa COD / Bayar Di Tempat
Malas ke ATM dan tidak Punya Internet Banking..? atau Anda lebih nyaman bayar ketika barang sudah sampai? Tenang.. dengan berbelanja di toko kami, Anda bisa membayarnya setelah barang sampai alias COD. Transaksi Dijamin 100% AMAN!
-
Garansi Uang Kembali
Apabila barang yang di terima cacat / rusak / tidak sesuai gambar / tidak sesuai pesanan, bisa dikembalikan / direturn. Dan Garansi 100% Uang Kembali, jika barang tidak sampai.
-