PETRUK DADI RATU : POLAH TINGKAH PENGUASA YANG TIDAK MAMPU

-
Petruk Dadi Ratu menjadi sebuah lakon pewayangan yang sarat dengan makna.


Lakon ini mengisahkan seorang anggota Punokawan yang tiba-tiba menjadi raja atau ratu karena sebuah pusaka titipan.


Petruk yang mendapat mandat dari Prabu Puntadewa untuk merawat pusaka miliknya, yakni Jamus Kalimasada.


Singkat cerita, Petruk yang kemudian kabur membawa pusaka itu, kemudian menaklukan kerajaan Rancang Kencono dan menjadi ratu disana.


Dalam pementasan Petruk Dadi Ratu ‘Lord Thong Thong Shod’ pada pembukaan Festival Kota Lama 2022 beberapa waktu lalu, lakon ini dibawakan dengan cara komedi.


Sebagai ratu, Petruk membuat kebijakan yang sedikit menggelitik.


Misalnya, saat ia menempatkan Prabu Baladewa sebagai tukang adzan, karena suaranya yang keras dan lantang.


Menurut Petruk, dengan menempatkan Baladewa, maka biaya listrik bisa ditekan dan anggaran bisa untuk rakyat kecil.


Kemudian Petruk memilih Prabu Puntadewa yang sabar dan lemah lembut sebagai petugas layanan customer service.

Juga Janaka sebagai bagian pemasaran lantaran ketampanannya.


Tentang Penulis

Dr. Suwardi Endraswara, M. Hum lahir di Kulon Progo, 3 April 1964. Belajar sastra dan budaya Jawa di IKIP Yogyakarta, selesai tahun 1989. Sejak itu, dipercaya menjadi staf pengajar di almamaternya, yang sekarang menjadi program studi Pendidikan Bahasa Jawa, FBS UNY.


Tanggal 17 Maret 2011 telah menyelesaikan S3 di UGM, dengan memperdalam teks-teks mistik kejawen. Prestasi yang pernah diraih , juara II menulis novel Yayasan Citra Pariwara Jateng berjudul Suket Teki; juara II Lomba Menulis Cagar Budaya, juara harapan I Lomba Artikel Koran Pusat Bahasa Jakarta, dosen berprestasi tingkat nasional (2005), penerima hadiah sastra Rancage 2006.


Menjadi pembicara di berbagai universitas, seperti Universitas Kebangsaan Malaysia, UNS, UGM, Unesa, Unes, Univet, Brunei, Sulawesi Tenggara, Bangka, dan sebagainya.
-

Daftar Isi

-
-

Spesifikasi

-
Judul : Petruk Dadi Ratu

Penulis : Dr. Suwardi Endraswara, M. Hum.

Halaman : 184 Halaman

Ukuran : 15 x 23 cm

Cover : Soft Cover

Isbn : 979-168-367-0

Penerbit : Narasi

Kenapa Anda Harus Memiliki Buku Ini?

Kombinasi Komedian & Kearifan Tradisional: Buku ini menawarkan kombinasi unik antara humor khas Punokawan dan kearifan tradisional pewayangan. Anda akan diajak tertawa, sekaligus merenung akan pesan moral di balik setiap tindakan Petruk.
Pandangan Baru tentang Kepemimpinan: Melalui mata Petruk sebagai Ratu, buku ini memberikan perspektif segar tentang kepemimpinan. Anda akan ditantang untuk memikirkan ulang apa arti seorang pemimpin dan bagaimana keputusan diambil ketika berada di posisi kekuasaan.
Refleksi Mengenai Kehidupan Sosial: Dengan kebijakan-kebijakan Ratu Petruk yang 'menggelitik', Anda diajak untuk merefleksikan berbagai isu sosial dengan cara yang cerdas dan kritis, seperti peran teknologi, efisiensi, dan pelayanan publik.
Karya Budaya yang Kaya: "Petruk Dadi Ratu" bukan sekadar cerita, tetapi juga refleksi dari kekayaan budaya Indonesia, khususnya dunia pewayangan. Anda akan mendalami lebih jauh tentang Punokawan, filosofi, serta nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya.
Pengalaman Membaca yang Menghibur: Tidak banyak buku yang mampu mengajak pembaca tertawa riang sambil memberikan pemahaman mendalam tentang kehidupan. "Petruk Dadi Ratu" menawarkan keduanya dalam satu paket, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk mereka yang mencari hiburan sekaligus wawasan.

Berapa Harga Untuk Buku Langka Ini?

Berapa Harganya?

Rp.318.000

Untuk Hari ini Saja!!

DISKON 50%



Hanya Rp 159rb



SEGERA PESAN SEKARANG KARENA PROMO TERBATAS DAN AKAN BERAKHIR TANPA ADA PEMBERITAHUAN TERLEBIH DULU!!

-

SEBAGIAN KEUNTUNGAN AKAN DIGUNAKAN UNTUK

AKTIFITAS SOSIAL DAN DIWAKAFKAN PADA YANG BERHAK

MEMBELI SAMA DENGAN BERWAKAF

Garansi dan Pengiriman

-
Bisa COD / Bayar Di Tempat
Malas ke ATM dan tidak Punya Internet Banking..? atau Anda lebih nyaman bayar ketika barang sudah sampai? Tenang.. dengan berbelanja di toko kami, Anda bisa membayarnya setelah barang sampai alias COD. Transaksi Dijamin 100% AMAN!
-
Garansi Uang Kembali
Apabila barang yang di terima cacat / rusak / tidak sesuai gambar / tidak sesuai pesanan, bisa dikembalikan / direturn. Dan Garansi 100% Uang Kembali, jika barang tidak sampai.
-