MITOS DAN REALITAS ASAL USUL MANUSIA JAWA - SEBUAH TINJAUAN TENTANG KEPERCAYAAN DAN SEJARAH SUKU JAWA

-
Raden Ngabehi Ranggawarsita lahir pada 14 Maret 1802 dan meninggal di tanggal 24 Desember 1873. Ia adalah seorang pujangga besar budaya Jawa yang hidup di Kasunanan Surakarta. Ia dianggap sebagai pujangga besar terakhir tanah Jawa.



Nama aslinya adalah Bagus Burhan. Ia adalah putra dari Mas Pajangswara (juga disebut Mas Ngabehi Ranggawarsita. Ayahnya adalah cucu dari Yasadipura II, pujangga utama Kasunanan Surakarta.



Ayah Bagus Burhan merupakan keturunan Kesultanan Pajang sedangkan ibunya adalah keturunan dari Kesultanan Demak. Bagus Burhan diasuh oleh Ki Tanujaya, abdi dari ayahnya.



Setelah kematian Yasadipura II, Ranggawarsita diangkat sebagai pujangga Kasunanan Surakarta oleh Pakubuwana VII pada tanggal 14 September 1845. Pada masa inilah Ranggawarsita melahirkan banyak karya sastra.



Hubungannya dengan Pakubuwana VII juga sangat harmonis. Ia juga dikenal sebagai peramal ulung dengan berbagai macam ilmu kesaktian. Naskah-naskah babad cenderung bersifat simbolis dalam menggambarkan keistimewaan Ranggawarsita.



Paramayoga merupakan karangan pendahulu dari Pustakaraja Purwa, sebuah karya prosa terbesar dari Ronggowarsito. Paramayoga adalah dongeng tentang asal usul manusia Jawa dan sejumlah fakta geografis di Nusantara.



Sebagai sebuah dongeng tentu Paramayoga ini bersifat irasional dan mitis. Sinkretismenya yang sangat kuat secara paksa menyusun suatu garis silsilah dari Nabi Adam, dewa-dewa Hindu hingga dewa-dewa Nusantara tentulah memperkuat irasionalitas itu. Akan tetapi, sebuah mitos memiliki nalarnya sendiri, bagaimanapun kisah ini merupakan salah satu cara orang Jawa dalam menjelaskan dunia.
-

Daftar Isi

-
-

Spesifikasi

-

Judul : Mitos Asal Usul Manusia Jawa


Penulis : Pramayoga Ronggowarsito


Halaman : 154 Halaman


Ukuran : 14.5 x 21 cm


Cover : Soft Cover


Isbn : 9789791685160


Penerbit : Narasi

Kenapa Anda Harus Memiliki Buku Ini?

Buku Mitos Asal Usul Manusia Jawa menawarkan analisis mendalam tentang mitos dan kepercayaan yang melekat pada asal usul manusia Jawa. Ini akan memberikan pembaca wawasan yang luas dan komprehensif tentang tradisi dan budaya suku Jawa.
Buku ini diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, sehingga mudah dipahami oleh pembaca yang berbahasa Indonesia. Ini membuat buku ini sangat cocok untuk pembaca yang ingin belajar dan mengeksplorasi topik tradisi dan kepercayaan suku Jawa dalam bahasa yang mereka kuasai.
Buku ini mencakup berbagai mitos asal usul manusia Jawa yang berbeda, seperti mitos Sangkuriang, Lutung Kasarung, dan lain-lain, serta memberikan analisis kritis atas mitos-mitos tersebut. Ini akan memberikan pembaca gambaran yang lengkap dan rinci tentang mitos asal usul manusia Jawa.
Buku ini juga mencakup tinjauan tentang bagaimana mitos asal usul manusia Jawa diinterpretasikan dalam budaya dan sejarah Jawa, yang akan memberikan pembaca wawasan yang lebih luas tentang tradisi dan kepercayaan suku Jawa. Ini akan membuat buku ini sangat bermanfaat bagi pembaca yang ingin memahami budaya dan sejarah Jawa secara komprehensif dan menyeluruh.

Berapa Harga Untuk Buku Langka Ini?

Berapa Harganya?

Rp. 278.000

Untuk Hari ini Saja!!

DISKON 50%



Hanya Rp 139rb



Promo akan berakhir dalam :

12JAM
8MENIT
28DETIK

SEGERA PESAN SEKARANG KARENA PROMO TERBATAS DAN AKAN BERAKHIR TANPA ADA PEMBERITAHUAN TERLEBIH DULU!!

-

SEBAGIAN KEUNTUNGAN AKAN DIGUNAKAN UNTUK

AKTIFITAS SOSIAL DAN DIWAKAFKAN PADA YANG BERHAK

MEMBELI SAMA DENGAN BERWAKAF

Garansi dan Pengiriman

-
Bisa COD / Bayar Di Tempat
Malas ke ATM dan tidak Punya Internet Banking..? atau Anda lebih nyaman bayar ketika barang sudah sampai? Tenang.. dengan berbelanja di toko kami, Anda bisa membayarnya setelah barang sampai alias COD. Transaksi Dijamin 100% AMAN!
-
Garansi Uang Kembali
Apabila barang yang di terima cacat / rusak / tidak sesuai gambar / tidak sesuai pesanan, bisa dikembalikan / direturn. Dan Garansi 100% Uang Kembali, jika barang tidak sampai.
-