KAJIAN TAFSIR AL-QURAN TENTANG KEBERADAAN YAHUDI DAN NASRANI

-
Islam diyakini oleh pemeluknya sebagai agama terakhir yang diturunkan oleh Allah bagi umat manusia melalui risalah Nabi Muhammad, nabi pamungkas dari seluruh nabi.


Sebagai agama terakhir, Islam diyakini bukan sekadar menyempurnakan dan melengkapi agama-agama sebelumnya, tetapi bahkan menghapuskan keberlakuan agama-agama tersebut.


Dengan kata lain, sejak kedatangan agama Islam, maka agama-agama lain dianggap telah obsolete alias kedaluwarsa, dan karenanya dinyatakan tidak berlaku lagi.


Demikianlah keyakinan mayoritas (jumhur) umat Islam dewasa ini.


Buku ini menawarkan pandangan yang berbeda dengan mainstream: bahwa Islam memang benar melengkapi dan menyempurnakan agama-agama sebelum, tetapi tidak menghapuskan agama-agama sebelumnya.


Argumen itu didasarkan atas pengkajian terhadap khazanah tafsir atas ayat-ayat QS 2: 62, 2: 106, dan 3: 85.


Gagasan ini mengingatkan kita kepada pengertian Islam dalam makna generiknya sebagai “kepasrahan atau ketundukan” kepada Tuhan yang merupakan agama seluruh nabi-nabi, dan bukan Islam dalam pengertian institusi agama yang secara eksklusif dibawa oleh Nabi Muhammad Saw.

Sejalan dengan pengertian itu, jaminan keselamatan di akhirat ditentukan oleh tiga hal fundamental: keyakinan kepada Tuhan dan Hari Akhir yang dibarengi dengan amal saleh. Jaminan demikian berlaku bagi agama apa pun.
Buku ini tentu mengundang pembaca untuk merenungkan kembali makna dan hakikat Islam.

Pada gilirannya, pemahaman tentang Islam akan berdampak pada hal-hal lain seperti jaminan keselamatan, toleransi, kebenaran agama(-agama), hubungan antar-agama, titik temu dan titik beda agama-agama, berikut implikasi-implikasi sosial-politik-ekonomi-budaya yang menyertainya.

Kata Para Tokoh Tentang Buku ini

''Dalam buku ini Dr. Sa'dullah membuktikan, dengan mendasarkan diri pada metodologi tafsir Al-Qur'an, bahwa dengan datangnya islam keabsahan agama-agama lain tidak dihapus. Penelitian ini merupakan sumbangan penting baik bagi pengertian pluralisme pada umumnya maupun bagi pengertian diri Islam.''
--Romo Franz Magnis Suseno, Ketua Yayasan Driyarkara Indonesia.


''Dengan terbitnya buku ini. Dr. Sa'dun turut memberikan sumbangan yang berarti pada diskursus penafsiran Al-Qur'an. Karena itu, buku ini sebaiknya di baca oleh para pengkaji Al-Qur'an secara Khusus, dan pengkaji Islam pada umumnya.''
--Dr. Sahiron Syamsuddin, M.A., Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, UIN Yogyakarta


''Kontroversi intelektual adalah wajar dan niscaya dalam kehidupan bersama. Pluralisme adalah indah. Doktor Sa'dullah telah memberikan basis argumen intelektual dari sumber-sumber pengetahuan keagamaan yang cukup luas untuk tema yang diusungnya. Hal paling utama dalam kehidupan bersama adalah saling memahami, bukan saling menghakimi, apalagi merampas hak atas hidup.''
--KH. Hussein Muhammad, Pengasuh Pesantren Dar al-Tauhid, Cirebon dan pendiri Fahmina Institute


''Buku ini telah membuka arah baru dalam kajian tafsir Al-Qur'an seputar keabsahan agama-agama samawi pra-Islam, khususnya Yahudi dan Kristen. Alhasil, saya sangat mengapresiasi hasil penelitian doktoral Saudara Sa'dullah ini, intelektual muda NU yang kembali membuka jalan bagi dialog dan persaudaraan antar iman yang sejati.''
--Prof. Dr. KH. Said Agil Siradj, Ketua Umum PBNU
-

Daftar isi

-
-

Spesifikasi Buku

-
Judul : Menyoal Status Agama-Agama Pra Islam

Penulis : Dr. Sa'dullah Affandy

Penerbit : Mizania

Ukuran : 13 x 23 cm

Tebal : 280 Halaman

Sampul : Soft Cover

ISBN : 978-979-433-877-3

Kenapa Anda Harus Memiliki Buku ini?

Ditulis oleh seorang Intelektual Muda NU. yakni Dr. Sa'dullah Affandy.
Buku ini menawarkan pandangan yang berbeda dengan mainstream bahwa Islam memang benar melengkapi dan menyempurnakan agama-agama sebelum, tetapi tidak menghapuskan agama-agama sebelumnya.
Pembahasan dalam buku ini detail dan ilmiah, kombinasi antara literatur klasik dan modern yang sangat memadai sehingga bisa memberikan sumbangan yang amat berarti bagi kalangan akademisi dalam kajian keislaman baik tafsir, akidah maupun perbandingan Agama.
Buku ini akan mengundang pembaca untuk merenungkan kembali makna dan hakikat Islam.

Testimoni Pelanggan Kami

-
-
-

Pengiriman Barang Setiap Hari

-
-

Berapa Harga Untuk Buku Langka ini?

Berapa Harganya?

298 ribu

Untuk Hari ini Saja!!

DISKON 50%



Hanya 149 ribu

Promo akan berakhir dalam :

17JAM
42MENIT
24DETIK

SEGERA PESAN SEKARANG KARENA PROMO TERBATAS DAN AKAN BERAKHIR TANPA ADA PEMBERITAHUAN TERLEBIH DULU!!

-

Sebagian keuntungan bersih diwakafkan untuk pembebasan lahan Pesantren Darul Maula yang berlokasi di Limbangan Garut Jawa Barat.

-
-
-
-
-
-

Garansi dan Pengiriman

-
Bisa COD / Bayar Di Tempat
Malas ke ATM dan tidak Punya Internet Banking..? atau Anda lebih nyaman bayar ketika barang sudah sampai? Tenang.. dengan berbelanja di toko kami, Anda bisa membayarnya setelah barang sampai alias COD. Transaksi Dijamin 100% AMAN!
-
Garansi Uang Kembali
Apabila barang yang di terima cacat / rusak / tidak sesuai gambar / tidak sesuai pesanan, bisa dikembalikan / direturn. Dan Garansi 100% Uang Kembali, jika barang tidak sampai.
-