MENARI DENGAN TROMPET : APROPRIASI MUSIKAL DALAM IRINGAN TARI KERATON YOGYAKARTA


-
Pernahkah Anda membayangkan bagaimana suara trompet Eropa berpadu dengan gamelan Jawa dalam sebuah tarian keraton?


Di balik gemerlap kehidupan modern, tersembunyi kisah menarik tentang pertemuan dua dunia musik yang berbeda. Pada awal abad ke-20, Keraton Yogyakarta, sebagai salah satu pusat budaya Jawa, menyaksikan perubahan besar dalam seni pertunjukannya.


"Menari Dengan Trompet" membawa Anda ke dalam perjalanan waktu, mengungkap bagaimana instrumen musik Eropa seperti trompet, trombone, dan klarinet diperkenalkan ke dalam iringan tari klasik gaya Yogyakarta. Buku ini memberikan gambaran mendalam tentang bagaimana semangat modernisasi dari Eropa mempengaruhi tradisi seni pertunjukan di Keraton Yogyakarta.


Dengan sumber data yang kaya, termasuk arsip Keraton Yogyakarta, buku ini menawarkan perspektif segar tentang bagaimana musik dan tari dapat menjadi jembatan antara budaya dan zaman. Ini bukan hanya kisah tentang musik atau tari, tetapi juga tentang adaptasi, inovasi, dan perpaduan budaya.


Jangan lewatkan kesempatan untuk menyelami kisah menarik ini. Pesan "Menari Dengan Trompet" sekarang dan saksikan bagaimana musik Eropa dan tari Jawa berpadu menjadi satu kesatuan yang mempesona.

Tentang Penulis

R.M. Surtihadi adalah seorang dosen di Fakultas Seni Pertunjukan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ia juga seorang peneliti dan penulis di bidang musik.


Buku Menari dengan Trompet merupakan hasil penelitiannya yang diajukan sebagai disertasi doktoral di Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta.Dalam bukunya, R.M. Surtihadi menganalisis bagaimana musik Eropa telah diadopsi dan diadaptasi dalam iringan tari Keraton Yogyakarta.


Ia menemukan bahwa apropriasi musikal ini telah terjadi sejak abad ke-19, seiring dengan masuknya budaya Eropa ke Nusantara.Buku Menari dengan Trompet merupakan salah satu kontribusi penting dalam kajian musik Indonesia. Buku ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses apropriasi musikal dalam perkembangan musik tradisional Indonesia.
-

Cuplikan Isi

-
-
-
-

Spesifikasi

-
Judul buku : Menari Dengan Trompet

Penulis : R.M. Surtihadi

Editor : Erie Setiawan

Penyunting : Andri Widi Asmara

Desain Sampul : GagaRoom Design

Tata Letak : Dwi Pratomo

Penerbit : Art Music Today

Kenapa Anda Harus Memiliki Buku Ini?

Perpaduan Budaya yang Unik: "Menari Dengan Trompet" menawarkan wawasan mendalam tentang bagaimana dua budaya musik yang berbeda - Eropa dan Jawa - dapat berpadu dengan harmonis. Membaca buku ini memberikan kesempatan langka untuk memahami pertemuan dua dunia musik yang berbeda dalam satu panggung.
Mengungkap Sejarah Tersembunyi: Melalui buku ini, Anda akan diajak menyelami sejarah Keraton Yogyakarta pada awal abad ke-20, sebuah era yang penuh dengan perubahan dan inovasi. Ini adalah kesempatan untuk memahami bagian penting dari sejarah seni pertunjukan Indonesia yang mungkin belum banyak diketahui.
Wawasan Estetika Musikal: Buku ini tidak hanya bercerita tentang sejarah, tetapi juga tentang estetika musikal. Anda akan memahami bagaimana instrumen Eropa dapat diterapkan dalam konteks musik Jawa, memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep musik dan harmoni.
Refleksi Modernisasi dan Tradisi: "Menari Dengan Trompet" mengajak pembaca untuk merenungkan tentang bagaimana tradisi dapat beradaptasi dengan modernisasi tanpa kehilangan esensinya. Ini adalah bacaan penting untuk siapa saja yang tertarik dengan dinamika perubahan sosial dan budaya.
Karya Referensi yang Berharga: Dengan sumber data yang kaya, termasuk arsip Keraton Yogyakarta, buku ini merupakan karya referensi yang berharga bagi peneliti, pelajar, maupun pecinta seni dan budaya. Membacanya akan memperkaya pengetahuan Anda tentang kekayaan seni pertunjukan Indonesia.

Berapa Harga Untuk Buku Langka Ini?

Berapa Harganya?

Rp.318.000

Untuk Hari ini Saja!!

DISKON 50%



Hanya Rp 159rb



Promo akan berakhir dalam :

1JAM
22MENIT
47DETIK

SEGERA PESAN SEKARANG KARENA PROMO TERBATAS DAN AKAN BERAKHIR TANPA ADA PEMBERITAHUAN TERLEBIH DULU!!

-

SEBAGIAN KEUNTUNGAN AKAN DIGUNAKAN UNTUK

AKTIFITAS SOSIAL DAN DIWAKAFKAN PADA YANG BERHAK

MEMBELI SAMA DENGAN BERWAKAF

Garansi dan Pengiriman

-
Bisa COD / Bayar Di Tempat
Malas ke ATM dan tidak Punya Internet Banking..? atau Anda lebih nyaman bayar ketika barang sudah sampai? Tenang.. dengan berbelanja di toko kami, Anda bisa membayarnya setelah barang sampai alias COD. Transaksi Dijamin 100% AMAN!
-
Garansi Uang Kembali
Apabila barang yang di terima cacat / rusak / tidak sesuai gambar / tidak sesuai pesanan, bisa dikembalikan / direturn. Dan Garansi 100% Uang Kembali, jika barang tidak sampai.
-