FENOMENA PERTARUNGAN WACANA UMAT ISLAM DI ERA REFORMASI (1997-2014) SECARA SEGAR DAN SANGAT MENARIK!

-
Islam Indonesia kerap dilukiskan dalam relasi dan kontestasi antara Islam tradisionalis dan modernis. Reformasi 98 membuka horizon pemahaman baru.


Inilah struktur peluang politik baru yang memberi panggung bagi umat Islam untuk memainkan peran sosial-politik yang makin besar di ruang publik Indonesia.


Dalam memainkan peran baru ini, umat Islam ternyata bukanlah kubu yang seragam, melainkan beragam, di mana kelompok-kelompok intra-Islam mengajukan agenda dan wacananya sendiri-sendiri.


Kontestasi wacana ini bukan hanya menyangkut peran sosial-politik Islam di ruang publik, tetapi lebih jauh lagi menyangkut hakikat Islam itu sendiri sebagai agama.


Spektrum kontestasinya juga amat luas, merentang dari sekadar persoalan perbedaan fikih hingga perbedaan akidah, yang bahkan berujung pada kekerasan fisik.

Analisis lama Islam modernis vs tradisional yang biasanya diwakili oleh Muhammadiyah dan NU menjadi terlalu simplistis, bahkan misleading.


Peran dan pemikiran tokoh-tokoh tua yang karismatis tidak lagi menjadi ide mainstream ketika kaum intelektual Islam muda mengkritisi mereka dan menggeluti ide-ide Islam secara baru yang bersifat lintas-batas, lintas-mazhab, lintas-disiplin.


Jejaring internasional membuat pertarungan wacana Islam di Indonesia mesti dibaca juga dalam konteks global.

Kata Para Tokoh Tentang Buku ini

Dari buku ini kita dapat belajar tentang pemetaan pemikiran keislaman yang mendukung keragaman dan kemajuan dan para reaksioner yang menanggapinya, tetapi juga kita tahu pemikiran mereka satu demi satu, dan bagaimana juga semua itu dikritisi dari argumen demi argumen, ide demi ide, untuk melihat pemikiran-pemikiran mereka terutama pada akhir era Oder Baru hingga Reformasi. Buku ini pantas dijadikan rujukan sekaligus untuk dikembangkan lebih lanjut, apa dan bagaimana perdebatan pemikiran Islam Indonesia berkembang dan berbentur satu sama lain.
--Al Makin, Ph.D., Dosen UIN Sunan Kalijaga dan Penulis buku Nabi-Nabi Nusantara.


Buku Carool Kersten ini berhasil menjelaskan dengan jernih dinamika mutakhir sejarah intelektual pembaruan Islam Indonesia pasca-Orde Baru dengan melihat wacana sekularisme, pluralisme, dan liberalisme serta wacana-wacana derivatifnya. Kersten berhasil pula melihat kesinambungan dan kenirsinambungannya dalam sejarah pemikiran Islam Indonesia dan antarbangsa dengan melacak akar dan inspirasinya pada pemikiran klasik, modern, dan kontemporer Islam. Siapa pun yang mengkaji atau ingin mengetahui perkembangan intelektual Islam Indonesia kontemporer harus membaca buku ini.
--Moch Nur Ichwan, Ph.D., Koordinator Program Doktor Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.


Ide-ide sangat berpengaruh di dunia politik Muslim kontemporer. Kekayaan dan arti-pentingnya di Indonesia--salah satu negara yang paling memberi harapan dalam transisi politik di dunia Muslim kontemporer--menarik untuk ditelaah. Terbit pada momen yang tepat dan ditulis dengan sangat baik, buku Carool Kersten membentangkan sejarah intelektual menyangkut ide-ide dan perdebatan-perdebatan di antara para pemikir Muslim pada masa transisi demokrasi yang belum tuntas di Indonesia. Tinjauannya tentang perdebatan seputar isu-isu sekularisme, pluralisme, liberalisme, dan hukum Islam di Indonesia sungguh sulit ditandingi, dan menunjukkan pemahaman-mendalam tentang relevansi ide-ide ini dalam konteks reformasi politik dan etis di dunia. Buku luar biasa ini mesti dibaca oleh siapa pun yang hendak mengkaji kontestasi wacana di ranah politik Muslim modern di Indonesia khususnya dan dunia Muslim umumnya.
--Prof. Robert W. Hefner, Penulis Civil Islam: Muslims and Democratization in Indonesia
-

Sekilas Tentang Penulis

-
Carool Kersten adalah Associate Professor di bidang Studi Islam dan Dunia Muslim di King's College, London, dan Research Associate di Centre of Southeast Asian Studies, pada School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London.


Mendapat gelar M.A. di bidang Bahasa dan Budaya Arab dan gelar Ph.D. di bidang Studi Agama. Beberapa buku karangannya, antara lain: Islam in Indonesia: The Contest for Society, Ideas and Values (2014), The Caliphate and Islamic Statehood: Formation, Fragmentation and Modern Interpretations (2015), dan A History of Islam in Indonesia: Unity in Diversity (2017).

Daftar isi

-

Spesifikasi Buku

-
Judul : Berebut Wacana

Penulis : Carool Kersten

Penerbit : Mizan

Ukuran : 16 x 24 cm

Tebal : 392 halaman

Sampul : Soft Cover

ISBN : 978-602-441-060-5

Kenapa Anda Harus Memiliki Buku ini?

Ditulis oleh Carool Kersten yang merupakan Associate Professor di bidang Studi Islam dan Dunia Muslim di King's College, London, dan Research Associate di Centre of Southeast Asian Studies, pada School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London.
Buku Carol Kersten ini berhasil menjelaskan dengan jernih dinamika mutakhir sejarah intelektual pembaruan Islam Indonesia pasca-Orde Baru dengan melihat wacana sekularisme, pluralisme, dan liberalisme serta wacana-wacana derivatifnya.
Kritik Kersten yang ada pada karyanya ini terhadap isme-isme (sekularisme, pluralisme, dan liberalisme) memberi pemahaman secara lebih akurat dan subtil tentang isu-isu yang diperdebatan antara kaum intelektual reaksioner dan progresif.
Lewat buku ini kita akan menemukan nuansa intelektualisme yang berbeda dari yang biasa disajikan oleh ilmuwan lain.
Buku Carool Kersten ini melengkapi karya-karya ilmuwan dan peneliti asing yang mencoba membaca dan memetakan Islam di Indonesia secara umum.

Testimoni Pelanggan Kami

-
-
-

Pengiriman Barang Setiap Hari

-
-

Berapa Harga Untuk Buku Langka ini?

Berapa Harganya?

378 Ribu

Untuk Hari ini Saja!!

DISKON 50%



Hanya 189 Ribu



Promo akan berakhir dalam :

20JAM
34MENIT
25DETIK

SEGERA PESAN SEKARANG KARENA PROMO TERBATAS DAN AKAN BERAKHIR TANPA ADA PEMBERITAHUAN TERLEBIH DULU!!

-

Sebagian keuntungan bersih diwakafkan untuk pembebasan lahan Pesantren Penghafal Al - Qur'an Gratis Darul Maula yang berlokasi di Limbangan Garut Jawa Barat

-
-
-
-
-
-

Garansi dan Pengiriman

-
Bisa COD / Bayar Di Tempat
Malas ke ATM dan tidak Punya Internet Banking..? atau Anda lebih nyaman bayar ketika barang sudah sampai? Tenang.. dengan berbelanja di toko kami, Anda bisa membayarnya setelah barang sampai alias COD. Transaksi Dijamin 100% AMAN!
-
Garansi Uang Kembali
Apabila barang yang di terima cacat / rusak / tidak sesuai gambar / tidak sesuai pesanan, bisa dikembalikan / direturn. Dan Garansi 100% Uang Kembali, jika barang tidak sampai.
-